-->
Mengatasi Reply Komentar Blog Tidak Bisa di Klik

Iklan 728x90

Mengatasi Reply Komentar Blog Tidak Bisa di Klik

HEFFRI HUTAPEA BLOG - Mengatasi Reply Komentar Blog Tidak Bisa di Klik.
Kemarin tiba-tiba saja tombol reply komentar di blog saya tidak berfungsi alias tidak bisa di klik, sehingga form balas komentarnya tidak muncul. Tentu saya langsung panik, soalnya ada beberapa komentar teman-teman blogger di artikel blog saya yang belum dibalas. Kalau saya balas lewat form komentar efeknya tidak enak di baca.




Sempat saya berfikir penyebabnya akibat saya terlalu sering mengutak-atik widget dan kode html template yang saya pakai. Jadi saya putuskan untuk mengganti kembali template saya dengan script mentahan yang belum di edit sama sekali, meski pun saya kesal juga, artinya saya harus mengedit kembali kode html template itu. Namun setelah saya ubah,  lalu saya mencoba mengklik tombol balas komentar ternyata hasilnya ZONK!

Sebagai seorang yang gigih dan pantang menyerah :D , saya melakukan eksperimen menggunakan template bawaan yang disediakan blogger, dan hasilnya tombol reply bisa di klik dan form balas komentar muncul.

Lalu muncul ide untuk mencari solusi permasalahan template yang saya pakai dengan menanyakan langsung kepada sipembuat template yang saya pakai. Berhubung masa garansi template saya belum habis heheh...

Benar saja ternyata pihak blogger melakukan perubahan yang efeknya dirasakan pengguna template yang tidak menggunakan Javascript bawaan google. Padahal Javascript itu dinonaktifkan para pembuat template untuk pengoptimalan kecepatan loading. Karena pengoptimalan tersebut beberapa fitur dan widget-widget di blogger tidak berfungsi.

Ternyata penyebab masalah komentar tidak bisa di reply adalah penutup bagian body template </body>

Inilah cara mengaktifkan kembali tombol reply komentar agar bisa di klik.


Pertama pastikan setingan komentar di blogger pada pilihan Embedded atau tersemat. Caranya masuk �Blogger� > �Setting� > �Post comments, and sharing� kemudian pada menu "Comment Location" pilih Embedded lalu klik "Save Settings"





Selanjutnya buka �Blogger� > �Tema� > �Edit HTML� Cari kode ini di dalam template :

&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

Kode diatas mungkin saja berbeda, tergantung template  intinya cari kode penutup body.

Kemudian hapus dan ganti dengan kode ini

</body>

Lalu klik Save theme, sekarang coba apakah tombol reply sudah berfungsi kembali. Karena tombol reply saya kembali berfungsi setelah mengubah kode ini. Semoga bermanfaat yah.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post